Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 FI 2023

Harga Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 FI -  Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya generasi terbaru dari jupiter mx 135 keluaran 2014 telah hadir di indonesia. Tepatnya pada hari kamis tanggal 12 maret 2015, Pabrikan berlambang garpu tala itu secara resmi meluncurkan bebek terbarunya yang bernama Yamaha Jupiter MX 150 FI yang bertempat di salah satu sirkuit di jawa barat yakni International Carting Sentul atau yang lebih dikenal dengan sirkuit sentul kecil.

 Sekedar informasi aja buat temen-temen, kembaran dari motor bebek ini sebenarnya sudah pernah diluncurkan di salah satu negara yang ada di kawasan asia tenggara yakni vietnam, ya meskipun dengan nama yang berbeda yakni yamaha exciter 150 fi.

Tak seperti kembarannya yang ada di vietnam yang hanya menawarkan satu model saja, penantang dari motor suzuki satria fu 150 dan sonic 150 di indonesia ini menawarkan 2 pilihan model yakni MX 150 dan MX King 150. Untuk Yamaha jupiter MX 150 tersedia dalam 3 warna pilihan yaitu Racing Blue (Putih-Biru), Red Corner (Merah-Putih) dan terakhir Black Sniper (Hitam).

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX 150 (Racing Blue)

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX 150 (Red Corner)

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX 150 (Black Sniper)
Sedangkan buat yamaha jupiter mx king 150 tersedia dengan 3 warna pilihan pula yakni masing-masing adalah Speedy White (Putih), Red King (Merah) dan terakhir Drift Black (Hitam). Serta ada tambahan baru lagi yakni Livery Movistar MotoGp sebagai edisi spesial.

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX King 150 (Speedy White)

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX King 150 (Red King)

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX King 150 (Drift Black)

Kedua motor ini memiliki persamaan dan juga perbedaan yang signifikan. Lantas apa saja persamaan dan perbedaan itu, yuk kita ulas bersama-sama.

Persamaan Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 (The King Of Street)

Kita awali dari persamaannya dulu ya. Kalau ditanya mengenai persamaan antara kedua motor bebek ini, jawabannya mudah saja yakni terletak pada spesifikasinya, baik itu dari dimensi, rangka, mesin dan juga kelistrikan yang dipakai.

Jangan Lewatkan : Harga Honda Supra GTR 150 Terbaru

Mulai dari dimensinya, kedua motor ini sama-sama memiliki P x L x T : 1970 mm x 670 mm x 1080 mm. Jarak sumbu roda dan  jarak terendah ketanah masing-masing 1240 mm dan 135 mm. Memiliki bobot 116 kg dengan tinggi jok mencapai 780 mm serta tangki bahan bakar dengan kapasitasnya mencapai 4,2 liter.

Terus untuk urusan rangkanya, kedua bebek ini sama-sama dibangun dengan rangka tipe "Tulang Punggung" (Back Bone) dengan persenjataan di kakinya berupa suspensi teleskopik di depan dan monoshock serta swing arm model baru di area belakang. Pengereman keduanya mengandalkan rem cakram tunggal yang terpasang di ban berukuran 70/90 - 17 M/C 38P (depan)  dan ban ukuran 120/70 - 17 M/C 58P (belakang).


Lanjut ke sektor dapur pacunya, kedua motor ini Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 FI 2016 sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 150cc, 1 silinder, 4-Langkah, SOHC (Single Over Head Camshaft), dengan sistem pendinginan radiator (cairan) dan telah berteknologikan Fuel Injection System (FI). Dengan ukuran diameter piston 57 mm dan stroke 58,7 mm, mesin tersebut sanggup mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 11,3 KW / 8500 rpm dengan torsi maksimum 13,8 KW / 7000 rpm.

Baca Juga : Harga Honda Sonic 150R

Dalam sebuah test ride yang dilakukan, top speed mx king ini kurang lebih sekitar 117 km/jam. Dan untuk urusan pemakaian bahan bakar, bebek ini bisa menempuh jarak 49,8 km/liter bahan bakar. Dan terakhir untuk urusan kelistrikan, kedua motor ini sama-sama memilih bateray jenis YTZ4V / GTZ4V (MF Batteray 3Ah) sebagai sumber daya listriknya serta menggunakan busi tipe NGK-CR8E sebagai penyempurna dalam Sistem pengapian yang berbasis TCI (Transistor Control Ignition).

Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 (The King Of Street)

Antara motor yamaha jupiter mx 150 dan juga yamaha jupiter mx king 150 memiliki beberapa perbedaan yang tampak jelas, bagian tersebut diantaranya:
  •  Striping
Nah bagian ini yang pastinya langsung kentara jika kedua motor bebek ini disandingkan. Kita pastinya tahu jika kedua motor baru ini sama-sama dihiasi dengan striping baru yang keren dan elegan. Namun meski begitu, ternyata terdapat perbedaan dalam striping yang dipakai. Jika MX 150 memakai striping baru dengan pola garis memanjang, sedangkan MX King 150 memakai striping dengan pola garis pendek. Tidak sampai disitu saja, khusus buat MX King 150 terdapat sebuah kata "JUP" yang melekat di bagian sayap kiri dan kanan motor. Sedangkan si MX 150 tidak ada.
  • Bohlam Lampu Depan
Perbedaan pertama yang ada dikedua motor ini ialah pemilihan bohlam lapu yang digunakan buat sektor penerangan didepan. Untuk MX 150 memakai jenis bohlam Bulb alias bohlam biasa, sedangkan untuk MX King 150 menggunakan bohlam tipe Halogen HS1. Hasilnya, ya antara keduanya, MX King lah yang dirasa memiliki penerangan yang lebih baik dan modern ketimbang milik MX150.
  • Lampu Senja
MX 150 memakai lampu senja dengan bohlam biasa dan letaknya menyatu dengan headlamp. Sedangkan MX King 150 menggunakan lampu senja berjenis LED, serta letaknya telah terpisah dari headlamp motor.
  • Tuas Rem Depan & Tuas Kopling (Handle)
Perbedaan berikutnya terletak dari pemilihan warna yang digunakan untuk menghiasi bagian tuas rem depan dan tuas kopling / handle. Untuk Yamaha Jupiter MX king 150 dibalut dengan warna cat silver/perak, sedangkan MX King 150 di cat dengan warna hitam..
  • Desain Lampu Sein Belakang
Sekedar informasi, desain lampu bagian belakang motor bebek baru yamaha ini mengadopsi milik Yamaha YZF R25, sehingga tidak mengherankan jika terlihat sangat sporty. Namun meski begitu, antara MX 150 dan MX King 150 memiliki perbedaan pada desain lampu sein belakangnya. Untuk MX 150 mengusung desain yang cenderung Oval, sedangkan MX King 150 menganut konsep desain yang lancip dan meruncing.
  • Tempat Duduk / Jok
Lanjut ke perbedaan berikutnya ya. kali ini perbedaan terlihat pada area kenyamananan yakni tempat duduk atau yang lebih terkenal dengan sebutan jok. Untuk Yamaha Jupiter MX 150 menggunakan jok dengan 1 bahan saja, sedangkan MX King 150 menggunakan jok dengan kombinasi 2 bahan.
  • Shock Breaker Belakang.
Kedua motor ini sama-sama menggunakan suspensi belakang jenis monoshock.  Namun uniknya sock breaker yang dipakai berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan itu berasal dari pemilihan warna yang digunakan. Untuk MX 150 menggunakan shock breaker berwarna Hitam, sedangkan MX King 150 berwarna Kuning.
  • Footsteep (Pijakan Kaki) Depan
MX 150 menggunakan jenis Footsteep  permanen atau paten yang tidak bisa untuk diubah-ubah. Sedangkan MX King 150 memakai jenis Footsteep modern yang bisa untuk di ubah yakni ditekuk.
  • Warna Kaliber Rem depan dan Belakang
Perbedaan berikutnya terletak di area pengereman. Meskipun sama-sama memakai rem cakram tunggal di depan maupun belakang, tapi ternyata terdapat perbedaan yang jelas telihat yakni dari pemilihan warna buat kaliber rem yang dimiliki. Untuk MX 150 memiliki warna hitam, sedangkan buat MX King 150 berwarna emas.
  •  Velg
Kaki-kaki yang dipakai oleh kedua motor ini juga memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut terletak pada penggunaan warna yang digunakan untuk menghiasi bagian velg. Untuk MX 150 dihiasi dengan velg berwarna hitam polos, sedangkan velg milik MX King 150 tidak hanya berwarna hitam saja tapi mendapat tambahan warna lain yang melekat di pinggiran velg (Pinstripe).


  • Handle Set (Besi Pegangan Belakang)
Bagian Besi Pegangan belakang (handle set), juga mendapatkan sentuhan yang berbeda baik itu MX 150 maupun MX King 150. Untuk MX 150 memiliki handle set berwarna hitam yang berlaku untuk semua pilihan motor ini, Sedangkan untuk MX King 150 memiliki handle set dengan warna silver (terkecuali buat pilihan motor warna hitam).
  • Spedometer
Baik MX 150 maupun MX King 150 sama-sama menggunakan speedometer kombinasi antara analog dan digital. Namun ternyata spedometer yang dimiliki oleh kedua motor tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dimulai dari milik MX 150, layar LCD di panel digital memiliki warna merah. Secara keseluruhan spedometer yang dipakai menampilkan informasi seperti pengukur kecepatan, RPM, konsumsi bahan bakar, penunjuk lampu sein, gigi netral dll.

Baca Juga : Harga Yamaha Vixion

Selanjutnya milik MX King 150, layar LCD di panel digital berwarna Putih. Lalu spedometer tersebut dilengkapi dengan teknologi "Human to Machine" yang terlihat dengan kata "Hi Buddy" di bagian layar digital saat kunci kontak diaktifkan. Tidak hanya itu saja, terdapat juga Fitur canggih MID (Multi Information Display).

Fitur MID ini merupakan fitur yang bisa merubah kata "Hi Buddy" tadi diganti dengan kata lain yakni dengan format "Hi + Nama Kita". Fitur ini juga digunakan untu mengukur jarak tempuh, konsumsi BBM dan lain-lain.

Aksesoris Yamaha Jupiter MX King 150 dan MX 150

Harga Aksesoris Yamaha MX King Terbaru
Aksesoris Yamaha MX King 150
Sumber Gambar : ( http://www.yamaha-motor.co.id )

Meskipun secara keseluruhan tampilan sudah sangat sporty, namun pihak PT Yamaha Motor Manufacturing masih memberikan beberapa aksesoris yang bisa dipakai untuk semakin memperkeren sosok dari moped ini. Apalagi buat yang suka modifikasi. tentunya memodifikasi Yamaha MX King 150 maupun MX 150 cc adalah hal yang pastinya akan dilakukan, meskipun mungkin motor bebek tersebut masih kondisi baru beli.

Baca Juga : Harga Honda CBR150R Facelift

Aksesoris atau variasi motor jupiter mx king ini terbilang banyak juga, jumlahnya sendiri itu ada 7. Mulai Sport Visor, Cover Radiator, USB Charger, Aero Scoop, Cover Protector Muffler, Short Rear Fender LED dan yang terakhir RK Racing Chain Kit. Untuk tahu lebih lanjut berikut Daftar Harga Aksesoris MX King 150 dan MX 150.

Daftar Aksesoris Harga
Sport Visor Rp. 100.000
Cover Radiator Rp. 150.000 
USB Charger Rp. 200.000 
Aero Scoop Rp. 150.000 
Cover Protector Muffler Rp. 100.000 
Short Rear Fender LED Rp. 350.000
RK Racing Chain Kit Rp.    -        

Kelebihan dan Kelemahan Yamaha MX 150 dan MX King 150

Sebagai motor baru tak bisa dipungkiri sobat jika baik MX 150 maupun MX King 150 mememang menawarkan beragam kelebihan yang rasanya sulit untuk ditolak. Kelebihan tersebut menjadi daya tarik utama mengapa kita perlu memiliki motor bebek buatan yamaha. Kelebihan yang dimiliki motor ini diantaranya adalah:

  • Baik Yamaha Jupiter MX 150 maupun MX king merupakan bebek super yang mana memiliki tampilan yang sangat sporty. bahkan desainnya sendiri terinspirasi dari Yamaha YZF R1 serta Yamaha YZF R25. Tak cuma itu saja bebek juga cepat serta irit dalam konsumsi bahan bakar.
  • Bebek ini dipersenjatai dengan mesin terbaru 150 cc yang bahkan sudah menerapkan teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston yang notabennya merupakan teknologi mesin motogp Yamaha.
  • Menggunakan Frame serta Swing Arm terbaru.
  • Pelek yang di pakai tergolong besar dengan ukuran 17 inci, serta bannya lebar dengan tipe tubeless.
Selain kelebihan, motor ini juga punya kekurangan diantaranya dalam hal bagasi yang sangat minim. Bodi depan yang terkesan besar serta desain lampu utama yang menurut motorcomcom itu kurang bagus. Malah bagusan Yamaha Jupiter MX 2014.

Komparasi Dengan Kompetitor

Bagian selanjutnya yang akan di bahas, adalah komparasi motor Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 FI dengan kompetitornya di tanah air. Di indonesia sendiri motor ini akan bertanding dengan Honda Sonic 150R, Suzuki Satria F150 FI serta dengan Honda Supra GTR 150. Nah rasanya sangat menyenangkan untuk membandingkan antara motor-motor ini.

Baca Artikel Menarik : Harga Suzuki Satria F150 FI

Namun disini kami akan mengkomparasikan tenaga antara mesin motor di kelas 150cc. Alasannya ya memang inilah yang sangat dicari utamanya anak muda. Yang memang selalu ingin tahu yang terbaik dan paling cepat.
  • Yamaha MX King 150, motor ini memiliki mesin dengan power maksimum 13,56 Hp @ 8700 rpm & torsi 12,74 Nm @ 6700 rpm. Bobotnya 116 kg dan top speed mx king sendiri mencapai 128 km/jam. Konsumsi BBM 41,7 km/liter.
  • Honda Sonic 150R, memiliki mesin dengan power maksimum 14,18 Hp @ 8950 rpm dengan torsi 13,08 Nm @ 6800 rpm. Beratnya 114 kg dan untuk top speed honda sonic 150r mencapai 137 km/jam. Konsumsi BBM 45,4 km/liter.
  • Suzuki Satria F150FI, mesinnya punya power hingga 18,49 Hp @ 10000 rpm dan torsi 13,8 Nm @ 8500 rpm. Beratnya paling ringan yakni 105 kg. Top speed satria fu tembus diangka 147 km/jam. Konsumsi BBM nya 39,7 km/liter.
  • Honda Supra GTR 150, punya mesin dengan power maksimum mencapai . Top speed motor bebek ini mencapai 136 km/jam. Konsumsi BBM nya 45,2 km/liter. Berat kosong 119 kg.
Nah dari data diatas sekarang semua pertanyaan yang sering kali dilontarkan seperti misalkan Jupiter MX vs Satria FU menang mana atau mungkin Yamaha MX King vs Honda Sonic kencengan mana serta dengan Honda Supra GTR 150 bagus siapa, dan lain lain. Semua nya sudah terjawab jelas sekali diatas.

Kesimpulan yang didapatkan adalah yang paling kencang larinya serta paling ringan ialah Suzuki Satria F150 FI dengan torehan top speed mencapai 147 km/jam dan berat kosong 105 kilogram. Sementara untuk yang paling irit konsumsi bahan bakarnya itu dipegang oleh Honda Sonic 150R dengan 45,4 km/liter.

Spesifikasi Yamaha Jupiter MX 150:

  1. DIMENSI
  • Memiliki panjang 1970 mm.
  • Lebarnya 670 mm.
  • Tinggi 1080 mm.
  • Jarak terendah ke permukaan tanah 135 mm.
  • Jarak sumbu roda : 1240 mm.
  • Tinggi tempat duduknya (jok) adalah 780 mm.
  • Berat kosong ialah 116 kg.
  • Kapasitas tangki bensin/ bahan bakar mencapai 4,2 liter.
      2. RANGKA
  • Rangka  bertipe tulang punggung (Backbone).
  • Suspensi depan menggunakan Teleskopik & untuk belakang memakai suspensi monoshock yang di integrasikan dengan Swingarm model baru.
  • Ban depan berukuran 70/90 - 17 M/C 38P dan ban belakang memiliki ukuran 120/70 - 17 M/C 58P.
  • Rem depan maupun rem belakang sama-sama menggunakan rem cakram tunggal.
       3. MESIN
  • Mesin 150cc, tipe 4 Langkah, SOHC, Silinder tunggal / tenggak, berpendingin cairan (radiator).
  • Perbandingan komprehensi rasio mesin ialah 10.4 : 1.
  • Piston x Stroke : 57 mm x 58,7 mm.
  • Sistem starter ada 2 yaitu : Electrik dan Kick Starter.
  • Sistem bahan bakarnya Fuel Injection System (FI).
  • Tenaga maksimum 11,3 KW / 8500 rpm & torsi maksimum 13,8 KW / 7000 rpm.
  • Kapasitas oli mesin ialah : Total = 1,15 liter / berkala = 0,95 liter, Ganti filter oli = 1 liter.
      4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapian yang digunakan ialah TCI (Transistor Control Ignition).
  • Batteray yang dipakai bertipe YTZ4V / GTZ4V (MF Batteray 3Ah).
  • Tipe busi yakni NGK-CR8E.

Harga Yamaha Jupiter MX 150 2023:

  1. Harga Baru
  • Harga Yamaha Jupiter MX 150                               Rp -
  • Harga Yamaha Jupiter MX King 150                      Rp 25.180.000
      2. Harga Bekas
  • Harga Jupiter MX 150 dan MX King 150                Rp. 11 sampai 17 jutaan

Setelah mengetahui semua hal mengenai Yamaha MX King 150 maupun MX 150 ini, tentunya sudah bisa menilai mana yang terbaik antara keduanya. Yap, itu memang benar, yamaha MX King 150 lah yang terbaik. So, jadi jangan pada heran jika banderol harga motor bebek ini sedikit lebih mahal dari pada MX 150. Seperti yang bisa sobat otomotif semua dilihat di atas.

Namun kalau untuk yang paling mahal itu di pegang oleh Jupiter MX King Movistar sebagai edisi spesial. Balutan striping yang begitu keren seperti livery motor balap yamaha di ajang motogp memang menjadi keistimewaan tersendiri. Selain itu karena untuk tipe movistar produksi nya cenderung lebih sedikit dibanding versi lainnya. Nah karena itulah Harga MX King Movistar sudah sepantasnya lebih tinggi.

Bagaimana? apakah sobat tertarik untuk memiliki motor bebek super Yamaha MX King 150 dan MX 150. Jika begitu kalian bisa mendapatkan motor bebek ini di dealer-dealer yamaha di kota kalian. Bisa beli dengan sistem kredit ataupun cash. Jelajahi juga artikel menarik lainnya di situs ini, misalkan saja seperti informasi mengenai :