Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha Exciter 150 FI Vietnam, Calon New Yamaha Jupiter MX King Indonesia

Harga Yamaha Exciter 150 - Pada tanggal 18 desember 2014 yang lalu, yamaha secara resmi telah meluncurkan motor terbaru yang diklaim sebagai penerus yamaha jupiter mx indonesia nantinya. Negara pertama yang mendapat kehormatan untuk meluncurkan motor ini untuk pertama kalinya adalah vietnam.

Di negara tersebut motor yamaha terbaru ini mengusung nama Yamaha Jupiter Exciter 150 FI. Sedangkan kembarannya yang di kabarkan akan masuk ke indonesia, kabarnya bakalan disebut dengan Yamaha Jupiter MX King 150cc. Nama "King" disini kurang lebih mengambil dari semboyan ( tagline ) yang di sematkan pada motor ini yakni " The King Of Street".

Sebagai generasi terbaru, tentunya motor exciter( MX ) versi baru ini memiliki beragam inovasi dan juga perubahan di bandingkan dengan versi lama nya. Benar saja, saat melihat wujud kembaran nya yang berada di vietnam, bisa di dapatkan bahwa ada beberapa perubahan yang signifikan untuk penerus yamaha mx 135 di indonesia ini nantinya. Lantas bagaimana spesifikasi dari yamaha exciter 150 fi vietnam ?.

Dari segi desain, motor pembaharuan ini tampil dengan balutan desain yang lebih sporty dan juga Futuristik di bandingkan dengan exciter 135 / mx 135. Menariknya ada beberapa bagian motor calon Yamaha MX King ini yang di sinyalir mengadopsi dari motor-motor sport andalan yamaha, di antara fitur-fitur terbaru yang terlihat pada yamaha exciter 150 di vietnam di antaranya adalah :
  •  Desain Lampu Senja & Sein
Desain lampu senja yang dimiliki sekarang telah terpisah & tidak lagi menyatu dengan lampu sein seperti mx / exciter model lama yakni dengan mengusung desain menyempit sehingga tampak tajam. Hebatnya, lampu senja exciter ( calon mx king ) tersebut telah mengusung lampu jenis LED. Dan ini mirip dengan model lampu milik R25 indonesia meskipun dalam ukuran yang lebih kecil. Lampu sein yang sekarang terpisah itu pun, kini menyatu dan berada pada sayap motor samping dan kiri. Dan uniknya, jika di lihat sekilas malah mengingatkan kita pada sosok yamaha R1 2015.
  • Dashboard yang Modern
Yamaha exciter 150 ini mengusung dashboard yang lebih modern dan canggih di banding model lama. Menariknya, dashboard tersebut menggunakan kombinasi antara analog dan juga digital yang mirip dengan yang dipakai oleh R15 & R25. Dashboard tersebut berisi informasi mengenai indikator kecepatan, tachometer, indikator gigi, indikator bahan bakar, indikator lampu utama, lampu sein.


Dan tentunya sistem digitalnya juga canggih dan mengusung teknologi "Human to Machine". Ini terbukti, jika kita memutar kunci kontak, maka pada layar digital akan tertulis " Hi Buddy " / "Ready to Go" ( untuk versi exciter vietnam ). Dan mungkin saja nanti untuk versi MX King di indonesia nantinya akan bertuliskan " HI bro " seperti yang ada pada yamaha vixion, atau bisa juga dengan tulisan yang lain..
  • Mesin Baru Berkapasitas 150cc Fuel Injection
Yamaha Exciter 150 ini mendapatkan suntikan mesin baru yang lebih besar dari versi sebelumnya ( 135 cc ) yakni 150 cc, 4 Langkah, 4 Tak, SOHC, 5 kecepatan dengan sistem pendinginan berupa cairan. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW ( 15,4 PS ) / 8500 rpm dan torsi makimal hingga 13,8 Nm ( 1,4 kgf.m ) / 7000 rpm. Menariknya, kalau di perhatikan spesifikasi dari mesinnya, mesin tersebut mirip dengan mesin yang digunakan oleh salah satu motor sport andalan yamaha di indonesia yakni yamaha new vixion lightning.

Namun tentu saja, sebagai motor yang terbilang baru pasti ada perbedaan antara keduanya. Benar saja, dalam video teasernya, ternyata yamaha exciter ini bisa melampaui kecepatan new vixion dengan perolehan angka kecepatan pada 136 km/jam. Dimana untuk new vixion indonesia hanya mampu menempuh top speed sekitar 132 km/jam saja.

Harga Yamaha Exciter 150
Yamaha Exciter 150 Merah-Hitam

Harga Yamaha Exciter 150
Yamaha Exciter 150 Putih-Merah

Harga Yamaha Exciter 150 FI
Yamaha Exciter 150 Kuning-Hitam
Harga Yamaha Exciter 150
Yamaha Exciter 150 Biru-Putih ( GP )

Sumber Gambar : http://www.yamaha-motor.com.vn/san-pham/Exciter-150-RC-moi-156

Sama seperti mesin motor-motor yamaha saat ini, mesin dari yamaha exciter 150 ini juga telah menerapkan teknologi injeksi yamaha ( YMJET-FI ) sehingga konsumsi bahan bakar ini terbilang cukup irit. Dalam sebuah test yang dilakukan, konsumsi bahan bakarnya sendiri adalah 46 km/liternya. Menariknya, jika kita mengisi penuh kapasitas bahan bakar yang dimiliki yakni sebanyak 4,7 liter, kita bisa menempuh jarak yang cukup jauh yakni sekitar 193,2 km, cukup hebat bukan?.
  • Rem Cakram Model Baru
Menggunakan rem cakram dengan konsep desain yang baru dibanding versi lama, dimana untuk bagian depan menggunakan rem cakram hidrolik berdiameter 245 mm, sedangkan untuk belakang menggunakan cakram hidrolik berdiameter 203 mm.
  • Ban Baru Tipe Tubeless
Mengusung ban baru yang lebar berjenis tubeles, dimana untuk ukuran masing-masing ban yakni depan 70/90 - 17M/C 38P & belakang 120/70 - 17M/C 58P. Dengan ban tersebut, motor ini akan mampu melaju stabil di jalanan.

  • Buritan Menganut Konsep R series
Bagian belakang yamaha exciter ini mengadopsi desain layaknya motor R series masa kini. Lampu sein telah terpisah dengan stop lamp layakya motor sport masa kini. Bagian Tail Lamp menggunakan lampu jenis LED dengan desain yang mirip dengan R25. Kemudian bagian Spakbor yang dimiliki terlihat sporty yang diadopsi dari yamaha R15 dan R6.

Di vietnam sendiri, yamaha exciter ini di lepas dengan 2 model yakni RC & GP. Untuk versi RC ada 3 pilihan warna yakni Merah-Hitam, Putih-Merah dan Kuning-Hitam. Sedang untuk tipe GP hanya ada satu pilihan warna yakni Biru-Putih.

Spesifikasi Yamaha Exciter 150 FI :

  1. DIMENSI
  • Panjang motor keseluruhan adalah 1970 mm.
  • Lebarnya mencapai 670 mm.
  • Tingginya hingga 1080 mm.
  • Tinggi tempat duduk ( jok ) nya adalah 780 mm.
  • Jarak antar sumbu roda ( 2 roda ) yakni 1290 mm.
  • Berat basah motor adalah 115 kg.
  • Jarak motor ke permukaan tanah adalah 135 mm.
      2. MESIN
  • Memakai mesin berkapasitas 149,7cc, 4 Tak, 4 langkah, SOHC ( Single Overhead Camshaft ), 1 silinder dengan sistem pendinginan berupa cairan.
  • Diameter x langkahnya adalah 57 mm x 58,7 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio mesinnya yakni : 10,4 : 1.
  • Daya maksimum yang sanggup untuk di keluarkan adalah mencapai 11,3 kW ( 15,4 PS ) / 8500 rpm dan torsi makimal hingga 13,8 Nm ( 1,4 kgf.m ) / 7000 rpm.
  • Kapasitas minyak pelumas / olinya adalah 0,95 liter.
  • Kapasitas tangki bahan bakar yang dipunyai adalah sebanyak 4,7 liter.
  • Sistem pengapian yang di pakai adalah Digital ( T.C.I ).
  • Memakai sistem transmisi pengoperasian gigi dengan 5 kecepatan.
      3.  RANGKA
  • Memakai sistem rangka jenis pipa baja-berlian ( Diamond Steel ).
  • Suspensi di sektor depan memakai teleskopik dengan peredam kejut tunggal, sedangkan sektor belakang menggunakan suspensi jenis Monoshock.
  • Ban depan berukuran 70/90 - 17M/C 38P ( jenis tubelees ) & belakang berukuran 120/70 - 17M/C 58P ( jenis tubelees ).
  • Rem depannya menggunakan cakram hidrolik yang berdiameter 245 mm, sedang untuk rem belakang menggunakan cakram hidrolik berdiameter 203 mm.

Harga Yamaha Exciter 150 FI -  Bulan Februari 2018 :

Harga yamaha Exciter di vietnam yakni sekitar 26,7 juta untuk versi GP dan 26,4 juta untuk versi RC.

Sedangkan untuk kembarannya alias yamaha mx king 150 yang kabarnya akan mulai masuk di indonesia pada kisaran bulan Januari-Agustus, di prediksi akan dipatok pada harga yang berada di kisaran 20 juta rupiah.

Jangan lupa baca artikel lainnya yang juga pastinya menarik Tentang :